Sejarah Sabung Ayam Bangkok


Masyarakat Indonesia sudah sangat mengenal ayam bangkok. Karena kehebatannya dalam bertarung atau Sabung Ayam, Ayam Bangkok sangat di gemari khusunya oleh kalangan penggemar Ayam Aduan.


Ayam Bangkok pertama kali di kenal di tiongkok pada 1400 sebelum masehi. Ayam jenis ini selalu di kaitkan degan kegiatan sabung ayam (adu ayam).


Pada masa itu bangsa Tiongkok berhasil mengawinsilangkan ayam kampung mereka dengan beragam jenis ayam jago dari India, Vietnam, Myanmar, Thailand, dan laos.

Para pencari bibit itu berusaha mendapat ayam yang sanngup mengalahkan lawan hanya dengan satu kali tendangan.

Sekitar seabad yang lalu, orang-orang  thailand berhasil menemukan ayam jago baru yang di sebut King's Chicken. Ayam ini mempunyai gerakan cepat, pukulan yang mematikan dan saat bertarung otaknya juga jalan.

Konon, pada era1960-an di laos muncul seuah varietas baru ayam petarung yang sanggup menyaingi ketenaran ayam bangkok.

Namun setelah terjadi perkawinan yang secara terus menerus maka nyaris tidak di ketahui lagi perbedaan ayam aduan loas tersebut dengan ayam bangkok dari thailand.

Di indonesia, hoby mengadu ayam sudah lama di kenal kira-kira sejak zaman majapahit. Kita juga mengenal beberapa cerita rakyat yang melegenda soal adu ayam, seperti cerita Ciung Wanara, Kamandaka, dan Cindelaras.

Dulu kala, ada kebiasaan yang berbeda antara sabung ayam di Thailand dan Indonesia. Di Thailand ayam yang di di adu tidak di perbolehkan memakai taji atau jalu. Alhasil, ayam yang di adu jarang ada yang sampai mati.

Sedangkan di Indonesia, ayam yang di adu itu justru di bekali dengan taji yang tajam. Taji itu sendiri menjadi bekal atau senjata untuk membunuh lawan di arena aduan.

Kota tuban di jawa timur di yakini sebagai kota yang berperan dalam perkembangan ayam aduan. Disanalah untuk pertama kalinya ayam bangkok di perkenalkan di indonesia. 

Sebenarnya jenis ayam aduan dari indonesia tidak kalah beragam seperti ayam WARENG (madura), dan ayam KINANTAN (sumatera). Namun ke dua jenis ayam ini belum mampu menyaingi ke tenaran dari ayam bangkok.

Ayam bangkok sendiri di gemari bukan hanya untuk di adu saja, tetapi karena sosoknya yang gagah, tegap dan kekar, serta bunyi kokok dari ayam bangkok tersebut yang lantang dan keras mendajikan ayam tersebut sebagai peluang usaha.

Dari tahun ke tahun peminat ayam bangkok semakin bertambah, dengan kata lain permintaan akan jenis ayam ini akan selalu ada.

Baca juga informasi lainnya mengenai ayam bangkok aduan :
Nah itu adalah sejarah dari sabung ayam bangkok y guys....

Demikianlah rangkuman dari Sabung Ayam Online kali ini.

semoga bermanfaat serta menambah wawasan mengenai sabung ayam online dan berguna untuk ayam bangkok aduan anda.

terima kasih telah membaca artikel ini dan nantikan artiakel berikutnya di Sabung Ayam Online.